Dokumen atau berkas yang berisi data-data yang disusun berdasarkan baris dalam kolom dalam suatu range merupakan suatu database dalam lembar kerja MS-Excel. Contohnya, data-data siswa suatu sekolah yang terdiri atas nama, alamat, tanggal lahir, kota, dan sebagainya merupakan suatu database siswa dari sekolah yang bersangkutan.

Cara membuat database :

1. Ketiklah data siswa dengan lima buah nama field seperti NIS, NAMA SISWA, KELAS, ALAMAT, dan KOTA.

2. Klik menu DATA>FORM

3. KLIK OK

4. Ketiklah data siswa yang kita inginkan pada kotak isian yang muncul, jika ingin menambah data siswa lainnya, klik tombol perintah New. Jika kita ingin mengakhiri formulir pengisian klik CLOSE

Kita juga dapat mengurutkan data dalam suatu database baik secara ascending maupun descending. Prosedur yang perlu kita ikuti untuk mengurutkan data tersebut adalah sebagai berikut :

1. Sorotlah range yang kita ingin urutkan.

2. Klik menu Data>Sort

3. Pada bagian My list has, kliklah tombol header row

4. Pada bagian Sort by, klik kunci pengurutan yang kita inginkan

5. Klik OK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s