Data biasanya dibuat dalam bentuk table. Selain dalam bentuk tabel, data bisa juga ditampilkan dalam bentuk grafik. Orang awam biasanya akan lebih mudah untuk membaca sebuah data dengan menggunakan grafik daripada membaca di table. Tampilan grafik juga sangat berpengaruh terhadap mudah tidaknya pembacaan data. Grafik dengan warna-warna khusus akan lebih enak dan mudah untuk dianalisa ketimbang semua data ditampilkan dengan warna yang sama dan monoton. Setiap item diberi warna yang berbeda dengan item yang lain.

Grafik yang dibuat pada ms excel hasilnya akan sangat akurat. Berbeda kalau kita membuat grafik secara manual, akan sangat jauh berbeda. Seperti kita ketahui bersama, bahwa tampilan grafik bisa berupa column, pie, bar, line, area, scatter, dan lain-lain. Nah disini kita akan belajar membuat grafik di Ms Excel secara dasarnya saja.

1. Pertama-tama buatlah data yang akan dibuat grafik dalam bentuk table. Sebagai contoh bisa dilihat gambar dibawah ini.

data dalam tabel

2. Blok area table mulai B3 sampai dengan D15

Blok area dalam tabel

3. Buka ribbon Insert kemudian pilih salah satu bentuk grafik yang diinginkan pada group menu charts. Misalnya kita pilih saja bentuk column dengan sub pilihan 2-D column seperti gambar dibawah ini.

Memilih bentuk grafik

4. Maka secara otomatis grafik akan muncul di lembar kerja tersebut. Dapat anda lihat bahwa antaragrafik dan data saling terhubung. Jika data di table anda rubah, maka secara otomatis grafik juga akan berubah. Kini anda dapat memperbesar ukuran grafik dengan drag pojok cart area kearah keluar kemudian atur sesuai dengan keinginan.
Membuat grafik sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s