A.    Pendahuluan

Dewasa ini pengetahuan internet sudah merambah berbagai bidang kehidupan, baik bidang social, budaya,ekonomi teknologi, maupun pendidikan. Ada banyak manfaat yang bias kita peroleh dari penggunaam internet ini, di antaranya adalah cepatnya proses pencarian informasi dan pengetahuan/berita tentang hal tertentu dan kemudahan melakukan komunikasi secara murah dan efisien dengan pengguna lain untuk memperluas pergaulan kita sebagai makhluk sosial. Di bidang pendidikan, internet internet sangat berguna dalam proses belajar mengajar disekolah, dimana para siswa dapat mengetahui pengetahuannya sedangkan para guru dapat mencari bahan ajar yng sesuai dan inovatif melalui internet. Selain internet dikenal pula istilah intranet. Sebenarnya apakah internet dan intranet itu? Mari pelajari!

B.    Internet dan Intranet

1.    Internet

Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan yang sangat luas. Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Jaringan internet sering digambarkan sebagai sebuah awan internet (internet clouds), yaitu logikanya sebagai gambaran jaringan komputer yang terdiri dari banyak komputer di seluruh dunia yang saling terhubung satu dengan yang lain dan tidak mungkin dipetakan lagi. Sebuah komputer yang terhubung dengan internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa artinya semua pengguna internet mempunyai hak yang sama.

Istilah internet sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari INTERconnected NETworking yang berarti jaringan – jaringan komputer yang saling terhubung. Dengan definisi tersebut internet dapat diartikan sebagai sebuah system komunikasi global yang menghubungkan komputer – komputer dan jaringan – jaringan komputer di seluruh dunia.

Di internet, ada dua type computer, yaitu computer server ( server computer ) dan computer client ( client computer ). Informasi dan layanan yang ada di internet disediakan oleh computer server, sedangkan computer client hanya dapat mengakses informasi atau layanan di komputer server tersebut. Jadi, informasi dan layanan yang dapat di akses di internet di sediakan oleh kompuetr server. Computer client tidak menyediakan informasi atau layanan apapun yang dapat di akses oleh computer lain di internet. Jika kita mengakses internet di warung internet, di sekolah, ataupun di rumah, computer yang kita gunakan merupakan computer client.

Dunia internet kadang juga disebut sebagai dunia cyber. Di internet, seseorang dimungkinkan untuk memalsukan identitasnya dalam berkomunikasi dengan pengguna internet lain. Oleh karena itu, kita perlu waspada dalam berhubungan dengan pengguna internet lain yang belum kita kenal sebelumnya.banyak sekali korban kejahatan yang dilakukan melalui internet yang sebagian besar diakibatkan oleh kurang hati – hatinya pengguna internet dalam menyikapi informasi yang tersaji dihadapannya. Kejahatan melalui internet sering disebut cybercrime.

1. Sejarah internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Di tinjau dari fungsinya, internet memiliki manfaat yang beragam sesuai dengan bidang layanannya. Internet memungkinkan penggunanya saling berkomunikasi melalui surat elaktronik ( E-mail ), melakukan transaksi komersial ( e-commerce ), mengakses pustaka ( e-library ), dan belajar secara pelayanan kepada nasabahnya memalui internet ( internet banking atau e-banking ), sedangkan pemerintah dapat memberikan layanan kepada masyarakat luas secara online melalui internet dengan program yang disebut e-government.

2. Layanan internet
1.      Electronic Main atau e-mail.

Email adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. Email bekerja seperti mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online dengan internet kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia. Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar foto dan juga suara bahkan animasi. Email juga dapat digunakan untuk berkirim surat secara langsung kepada beberapa orang sekaligus. Berkirim dan menerima email, saat ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan orang di internet. Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia dengan fasilitas email ini, asalkan sudah memiliki alamat email tertentu.
contoh alamat email : duik@peter.petra.ac.id, steam2002@hotpop.com

2.      Discussion Group.

Biasanya kita gunakan email untuk orang-orang yang sudah kita kenal dengan baik, akan tetapi kita juga dapat gunakan email untuk saling bertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang lain. Kita dapat berpartisipasi dalam diskusi dan debat dengan topik yang beragam mulai dari hobi sampai pada permasalahan komputer atau malah masalah hiburan dan artis.

a.      Maling List.

Mailing List atau sering disebut milis di kalangan neter Indonesia, adalah salah satu jenis discussion group di Internet. Anggota milis dapat berkomunikasi dengan mengirimkan email pada list address. Setiap email yang masuk kemudian akan dikirim balik ke setiap member milis tersebut. Untuk menjadi member sebuah milis dimulai dengan mengirim email ke subsription address. Setelah menjadi member kita bisa menerima email dari yang lain dan juga mengirimkan email ke milis.

Contoh alamat milis :

list address : dgweb@yahoogroups.com

langganan : dgweb-subscribe@yahoogroups.com

berhenti : dgweb-unsubscribe@yahoogroups.com

b.      Newsgroups.

Newsgroups adalah juga salah satu discussion groups yang ada di internet. Tidak seperti milis, newsgroups menggunakan komputer jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. Setiap komputer terdapat beberapa newsgroup. Setiap newsgroups diatur berdasarkan satu topik general yang kemudian dibagi menjai beberapa subtopik dibawahnya.

contoh newsgroup : rec.arts.cinema

rec adalah topik utama, arts adalah subtopik dan cinema sub-subtopik.

c.       Internet Relay Chat

IRC hanpir sama dengan newsgroup, tetapi tidak dikhususkan pada topic tertentu. Untuk menggunakan layanan ini (chatting ), pengguna biasanya cukup mendaftar ke server IRC yang diinginkan.

d.      Voice over Internet Protocol

VoID telepon internet merupakan layanan untuk menelpon lewat internet. Cara ini dapat menghemat pulsa interlocal/internasional karena akses internet hanya menggunakan pulsa telepon local.

3.      FTP

FTP atau File Transfer Protocol, adalah layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet. Cukup banyak server di internet yang menyediakan layanan ini sehingga kita bisa mengkopi file-file di server ke komputer kita, hal ini yang disebut download. Selain itu kita juga bisa mengkopi file-file di komputer kita ke server di internet, hal ini disebut dengan upload.

4.      Telnet

Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.

Contohnya : spacelink.msfc.nasa.gov, adalah layanan telnet gratis dari NASA tentang sejarah dan seluk beluk NASA.

  1. 5.      Gopher

Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.

6.      World Wide Web

WWW adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).

  1. Bagaimana  komputer dapat saling terkoneksi dengan komputer di seluruh dunia?

untuk saling terkoneksi dengan computer di seluruh dunia dalam jaringan internet di perlukan beberapa hal, yaitu :

1)   Perangkat keras

2)   Perangkat lunak

3)   Protocol (TCP/IP)

4)   Saluran telekomunikasi

5)   Sambungan ke ISP ( Internet Service Provider ) atau penyedia layanan internet.

Untuk dapat mengakses internet, kita dapat menghubungkan computer kita ke jaringan computer yang sudah terkoneksi dengan internet. Untuk pemakaian sendiri kita dapatmenggunakan modem dan saluran telekounikasi yang ada, serta mendaftar ke ISP untuk mendapatkan akses internet.

2.    Intranet

Intranet merupakan jaringan informasi intenal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. Intranet dapat diartikan sebagai bentuk privat dari internet atau internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi/perusahaan. Akses intranet memerlukan identifikasi pengguna dan password sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan tersebut. Intranet biasanya digunakan untuk membagi kalender/jadwal kegiatan, dokumen, dan sarana diskusi internal yang tertutup, sehingga tidak dapat diakses oleh pihak luar. Teknologi dan konsep internet seperti client-server dan protokol internet seperti HTTP dan FTP juga digunakan untuk membangun sebuah intranet.

a. Keuntungan penggunaan intranet

  1. Produktivitas Kerja

Intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi lebih cepat, menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya, serta mengakses database yang diperlukan.

2. Efisiensi Waktu

Dengan intranet, perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan cepat dari pada memberikan informasi melalui email kepada setiam karyawan.

3. Komunikasi

Fasilitas di intranet memungkinkan komunikasi efektif baik secara vertikal (atasan-bawahan) maupun horizontal (karyawan-karyawan) sehingga para karyawan akan selalu dapat mengetahui kebijakan terbaru yang ditempuh oleh organisasi/perusahaannya.

4. Sistem Publikasi Web

Memungkinkan data-data organisasi/perusahaan dapat diakses secara mudah. Misalnya pedoman anggota/karyawan, data keuntungan, kebijakan organisasi/perusahaan, data pelatihan. Setiap divisi dapat memperbaharui datanya dan pengguna lain dapat selalu mendapatkan data terbaru.

5. Efektivitas Biaya

Pengguna tidak perlu lagi membaca data fisik seperti buku manual, pengguna dapat membaca data melalui web browser.

6. Keseragaman Informasi

Intranet menjamin keseragaman informasi yang diterima karena semua pengguna melihat informasi yang sama di intranet

7. Meningkatkan Kerjasama

Dengan informasi yang mudah di akses oleh semua pengguna resmi, kualitas kerja tim (team work) akan meningkat.

b. Kelemahan penggunann intranet

  1. Informasi yang salah atau tidak sesuai dapat juga beredar melalui intranet sehingga    dapat mengurangi efektivitasnya
  2. Kemungkinan untuk mengirimkan hal-hal yang kurang sesuai (kasar/kurang sopan).
  3. Diperlukan pelatihan (training) untuk mendidik anggota/karyawan untuk menggunakan intranet
  4. Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi/perusahaan.
  5. Pertimbangan keamanan data (mengirimkan pesan yang sensitif sehingga menyinggung karyawan lainnya atau atasannya) yang dapat terlihat oleh banyak orang.
  6. Terjadinya Overload (data penuh) jika tidak dikontrol dengan baik

2.      Jaringan Komputer

Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu :

  1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
    a. Jaringan terpusat

Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

b. Jaringan terdistribusi

Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi

a. Jaringan LAN

merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

b. Jaringan MAN

Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa

c. ISP internet

Jaringan WAN. Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.

1. Jaringan Client-Server

Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

2. Jaringan Peer-to-peer

Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

4. Berdasarkan media transmisi data

a. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

b. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

 

untuk file download disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s